Sunday, February 3, 2019

Cara Mudah Membuat Kue Chiffon

Kue chiffon

Kue sifon adalah kue yang sangat ringan yang dibuat dengan minyak sayur, telur, gula, tepung, baking powder, dan perasa. Ciri khasnya adalah resepnya menggunakan minyak nabati alih-alih lemak tradisional yang padat pada suhu kamar, seperti mentega atau mentega putih. Nah, kali ini kita akan membuat kue Chiffon. Simak cara pembuatan dibawah ini.

Bahan A
70 g rterigu kunci biru
15 g maizena
3 btr telur besar
25 gr gula pasir
80 gr susu cair
55 gr minyak
1/2 sdt vanilla
Abon secukupnya untuk taburan

Bahan B
4 putih telur
1/4 sdt cream of tartar
50 gr gula pasir

Cara membuat :

1. Panaskan oven 170°C. Saring terigu dan maizena dalam sebuah wadah, sisihkan
2.Aduk rata telur+gula mengunakan spatula, masukan susu, diikuti minyak aduk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung, aduk rata kemudian masukan telur satu persatu dan aduk hingga semua adonan tercampur dengan baik dan sisihkan.

3.Kocok putih telur sampai berbusa lalu masukan gula sedikit demi sedikit menggunakan kecepatan sedang, kocok hingga adonan mengkilap dan kaku.

4.Tuang dan aduk balik adonan putih keadonan kuning secara bertahap (3x) menggunakan spatula.
5.Tuang 1/4 adonan kedalam loyang chiffon size 18cm lalu taburkan abonnya, kemudian tuang sisa adonan kedalam loyang secara perlahan agar abon tidak tertekan kebawah..

6.Panggang selama +/- 40menit. Dan bila sudah matang keluarkan, lalu balikan loyangnya dan biarkan hingga dingin.

Setelah dingin keluarkan dari loyang lalu oles bagian atas kue dengan mayonnaise, baru kemudian diberi taburan abon lagi.

No comments:

Post a Comment